ALASAN MEMILIH JURUSAN TEKNIK PERTAMBANGAN

 

ALASAN MEMILIH JURUSAN TEKNIK PERTAMBANGAN

Oleh: Nurmatias

 Saya merupakan orang yang memiliki minat belajar pada pelajaran eksak seperti matemetika, fisika dan kimia walau pun tidak terlalu unggul pada bidang tersebut  tapi saya memiliki ke tertarikan,bukan berarti saya membenci mata pelajaran yang lain yang  non eksak seperti bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan pelajaran lainnya, hanya saja saya lebih memiliki semangat belajar  yang lebih saat belajar matematika, fisika dan kimia.

Pada masa SMA sebenarnya saya masih kebingungan untuk memilih jurusan untuk masa kuliah kelak. Saya mulai mencoba mencari informasi tentang jurusan-jurusan yang memiliki pelajaran utamanya matematka, fisika, dan kimia.  Rupanya jurusan  teknik cocok untuk saya yang memiliki minat pada pelajaran eksak. Jurusan teknik memikat hati saya, saya sangat tertarik untuk masuk dan kuliah di jursan teknik, untuk itu saya terus mencari informasi – informasi tentang jurusan teknik.

Jurusan teknik memiliki banyak cabang, seperti : teknik elektro, teknik sipil, teknik kimia, teknik pertambangan, teknik lingkungan, arsitektur, teknik komputer, teknik metalaurgi , dan masih banyak lainnya. Sehingga saya kembali bingung  jurusan tersebut rupanya masih banyak juga pembagiannya. Saya mulai berkonsultasi kepada teman, ada yang menyarankan masuk elektro ada pula yang menyarankan masuk teknik mesin, tetapi semuanya teserah kepada saya juga karenanya  saya yang akan menjalaninya.

Saya mulai mencari Perguruan Tinggi Negri dan jurusan – jurusan tekniknya, dan saya terheran melihat sedikitnya Perguruan Tinggi Negri yang memiliki jurusan teknik pertambangan, mungkin itulah awal ketertarikan saya terhadap jurusan teknik pertambangan.

Jurusan teknik pertambangan memiliki beberapa keuntungan dari jurusan teknik lainnya diantaranya:

·         Teknik pertambangan termasuk jurusan yang sedikit di Indonesia

·         Pertambangan adalah induk dari segala perkembangan teknologi di dunia ini, karena kita tidak akan bisa hidup tanpa bahan tambang dan kita tidak akan menikmati teknologi saat ini seperti : hand  phone, labtop, lampu, mobil dan semen tanpa hasil dari pertambangan

·         Gaji fresh graduate untuk pertambangan sekitar minimal > 5 juta rupiah

·         Negara Indonesia kaya akan bahan pertambangan, gas alam, dan perminyakan sehingga sarjana pertambangan akan sangat di butuhkan

Karena itulah saya berminat masuk ke jurusan teknik pertambangan, dan keputusan saya semakin yakin saat dukungan dari orang tua.



PDF | DOC | DOCX

Komentar:

25 Juli 2012 pukul 18:41 WIB
siapadia mengatakan...
Teknik Pertambangan UNSRI masih salah satu yg terbaik

23 Mei 2012 pukul 10:17 WIB
adnan kashogi mengatakan...
emm keren tulisan nya...kayaknya mnulis dgn sepenh hati gokill.. grin LOL smile wink

25 Desember 2011 pukul 23:29 WIB
Kgs_Dedi mengatakan...
Permisi, bagi yang mau mengenal Teknik Pertambangan versi saya silahkan kunjungi http://planet4ltair.wordpress.com/2011/01/09/mengenal-teknik-pertambangan/ smile

16 Desember 2011 pukul 22:25 WIB
Muhammad Rizky mengatakan...
buka aja dari kategori essay pertambangan , cari alasan msk pertambangan nurmatias , coment disitu ntar byk yg blz . Geologi itu belajar kebumian seluruhnya / mendalami kebumian , klo pertambangan ke pertambangannya tapi di pertambangan itu belajar juga ke bumian malah lebih mendalaminya disamping itu Pertambangan mempelajari mata kuliah lainnya ,wah klo di tanya bagus apa gk kurang tau , kalo adek bisa jangan ragu untuk masuk negri , percaya sama diri sendiri pasti bisa

14 Desember 2011 pukul 20:01 WIB
rizky oktabriyadi mengatakan...
udah saya buka bang,tapi bingung mau komen dimana abis banyak banget artikelnya----'' ,emmm sebenernya geologi sama pertambangan itu bagusan mana sih bang? Apa samaa aja? Menurut mas swasta fttm UPN jogja bagus ga?terus masuknnya lebih mudah darii negrri ga?

14 Desember 2011 pukul 12:53 WIB
Muhammad Rizky mengatakan...
dek , klo mau tanya" lagi ke sini y http://www.hrdpermata.blogspot.com/ pindah tempat hhe

12 Desember 2011 pukul 22:57 WIB
Muhammad Rizky mengatakan...
gak tiap hari kok di push up , mungkin pas ospek aja agak push upnya , kalo pembenahan fisik itu dari diri masing". fisik dibutuhkan karena pas kita kerja dibutuhkan fisik yang bagus sesuai dengan lapangan kerja yang keras ^^

11 Desember 2011 pukul 20:01 WIB
rizkyoktabriyadi@yahoo.co.id mengatakan...
oiya ka mau tanya lagi deh saya pernah baca kalo masuk teknik pertambangan harus kuat mental sama fisik? Fisik? Emang nanti disuruh push-up mulu ka?

Kirim Komentar Anda:

Nama : Nama Anda (wajib diisi)
E-Mail : E-Mail (tidak dipublikasikan)
Situs : Website, Blog, Facebook, dll
Komentar :
(wajib diisi)
Verifikasi :
<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion