contoh Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Lembar Kuis - Materi

LEMBAR KERJA SISWA

POKOK BAHASAN             : ALJABAR

KELAS                                  : VIII

SATUAN PENDIDIKAN    : SMP

SEMESTER                          : GASAL

Waktu                                    : 2 x 45 menit

 

 


A. Standar Kompetensi :                                                      

 

1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.

 

B. Kompetensi Dasar 1.2 :

Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya.

 

C. Indikator : Menentukan faktor-faktor aljabar suku kuadrat ax2+bx+c=0 ;  a=1.

 

Konteks : Kartu (Ubin Aljabar)

Petunjuk Kegiatan :                                                          xxx

1.      Siapkan kartu (ubin aljabar) yang diperlukan.           

2.      Modelkan ubin aljabar seperti gambar.

 

 
 
 


3.      Lengkapi model tersebut denga ubin x, sehingga dapat membentuk persegi panjang. Dengan syarat ubin yang bernilai positif harus terletak setu baris, begitupula dengan ubin yang bernilai negatif.

4.      Apakah kalian dapat membentuk persegi panjang?

Jawab : Ya/Tidak

Jika Ya, dapatkah kalian menentukan panjang dan lebar persegi panjang tersebut?

Panjang           = (           )

Lebar               = (           )

 

Jadi, Luas persegi panjang adalah

            L          =  p         x      l

                        =(          ) x (         )

                        =

 

Kesimpulan:

1.      Jadi, ______ dan ______ persegi panjang merupakan faktor dari _____ persegi panjang yang merupakan persamaan kuadrat.

2.      Faktor dari persamaan kuadrat x2...            x ...        = 0  adalah (       ) dan  (        ).

Dimana,

                                          ___

                        .....                              

                                                            ___      +

 
 
 


                                                .....

            Artinya :

                        .....                   merupakan hasil ............. akar-akar persamaan kuadrat.

                       

                        .....                   merupakan hasil .............. akar-akar persamaan kuadrat.

 

 

 

 


 

Nama                   :

Kelas          :

 

KUIS

1.      Tentukanlah faktor-faktor dan persamaan kuadrat dari permodelan berikut ini !

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jawab :

 

 

 

2.      Buatlah pemodelan dari persamaan x2 - x - 6 = 0 , tentukan pula faktor-faktor dari persamaan tersebut !

            Jawab:

 



 

3.      Tentukanlah faktor-faktor dari persamaan kuadrat berikut ini:

a.       x2 6x +8 = 0

b.      p2-11p+10 = 0

c.       y2 + y – 20 = 0

Jawab:



PDF | DOC | DOCX

Komentar

 


belum ada komentar...

Kirim Komentar Anda:

Nama : Nama Anda (wajib diisi)
E-Mail : E-Mail (tidak dipublikasikan)
Situs : Website, Blog, Facebook, dll
Komentar :
(wajib diisi)
Verifikasi :
<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion